Berwisata Di Pantai Clungup Malang

 Berwisata Di Pantai Clungup Malang

Pantai Clungup mungkin terdengar cukup asing untuk dijadikan destinasi liburan di Malang. Tapi karena sepi, pantai ini justu menjadi salah satu hidden gem. Karena sepi, pantai jadi tetap bersih dari sampah wisatawan. Kalaupun ada sampah, biasanya hanya beberapa potong yang berupa sampah alami seperti serpihan kayu, atau ranting pohon yang terbawa ombak.

Walaupun Pantai Clungup berada di selatan Jawa, namun ombaknya tidaklah besar seperti pantai lainnya. Setidaknya, sekitar 500 meter dari bibir pantai, ombaknya tetap tenang. Hal ini dikarenakan Pantai Clungup terlindung dari ombak besar karena adanya beberapa pulau kecil di depan pantai.

Salah satu pantai di Malang ini menyatu dengan Pantai Gatra dan memiliki karang-karang unik di sebelah selatannya. Ketika air laut surut, kamu bisa menuju ke Pantai Gatra dengan melewati lautan pasir Pantai Clungup. Lautan pasir inilah yang menjadi batas antara Pantai Clungup bagian barat dan timur.

Adanya tiga pulau kecil dan karag-karang di sekitar pantai, tidak saja meredam ombak besar. Keberadaan pulau-pulau kecil tersebut juga mempercantik panorama pantai yang satu ini. Kombinasi alam yang tertata dengan cantik, berupa perbukitan, perkebunan milik penduduk, dan lebatnya hutan bakau menjadi perpaduan yang manis.

Kalau kamu penasaran dengan pantai yang satu ini, Pantai Clungup berlokasi di tepi Samudera Indonesia. Lebih tepatnya berada di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Rute Menuju Pantai Clungup

Pantai Clungup berjarak sekitar 72 km dari pusat Kota Malang, setidaknya dibutuhkan dua jam berkendara. Kamu bisa menggunakan rute yang sama seperti menuju ke Pantai Goa Cina untuk menuju ke Clungup. Alternative lain bisa kamu tempuh melalui Pantai Balekambang. Yaitu, dari Kota Malang menuju ke Gondanglegi, kemudian lanjutkan perjalanan ke Bantue hingga sampai di perempatan sebelum kawasan Balekambang. Arahkan kendaraanmu menuju kea rah kiri dan ikuti terus Jalan Lintas Selatan hingga akhirnya sampai di depan Clungup Mangrove Conservation. Nah, setelah sampai di tempat ini, hal apa saja sih yang bisa kamu lakukan? Yuk lihat daftarnya di bawah ini.

Snorkeling

Memiliki panorama bawah laut yang menawan, membuatnya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kamu bisa diantar menuju ke spot snorkeling terbaik di kawasan Pantai Clungup oleh pemandu lokal menggunakan perahu. Kalau kamu tidak membawa peralatan snorkeling, tenang saja karena di sini juga tersedia penyewaan peralatan snorkeling kok.

Camping

Memiliki pantai yang asri dan cukup sepi pengunjung, membuatnya sangat cocok untuk kamu suka camping. Selain pantainya yang indah, suasana pantai yang sepi juga bisa membuatmu merasa lebih tenang. Sayangnya, di pantai ini sangat sulit untuk menemukan air bersih, karena itulah sebaiknya kamu membawa bekal air yang cukup.

Pemandangan Pantai Clungup

Panorama pantai satu ini tidak perlu diragukan lagi, pemandangan lepas pantainya dengan tiga buah pulau kecil cukup untuk memanjakan mata. Suasana pantai yang masih alami ini sangat cocok untuk wisatawan yang suka aktivitas outdoor. Kamu bisa menjelajahi pulau karang di sekitar pantai, tapi harus tetap berhati-hati ya, karena batuannya yang tajam. Pantai Clungup juga nampak berbeda dari pantai di Malang lainnya, karena di sini kamu masih bisa menjumpai hutan bakau yang lebat.

Menanam Mangrove

Berwisata bukan saja untuk bersenang-senang, atau identik dengan merusak alam. Di sini, kamu bisa ikut dalam kegiatan konservasi lingkungan, salah satu paket yang ditawarkan oleh pantai ini adalah menanam mangrove. Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan lahan yang telah rusak sehingga bisa kembali hijau.

Oh ya, pantai ini juga memiliki jam operasinal selama 24 jam loh, hal ini dikarenakan adanya fasilitas camping di tempat ini. Karena masih tergolong sepi wisatawan, pantai di Malang satu ini tidak memiliki fasillitas yang lengkap layaknya pantai populer di Malang lainnya.

Kalau beruntung, kamu bisa menyewa perahu nelayan yang sedang berlabuh. Perahu tersebut bisa kamu sewa untuk menjelajahi pantai, snorkeling maupun scuba diving. Hanya saja kalau ingin diving, kamu harus membawa peralatannya sendiri.

Fasilitas yang tersedia untuk wisatawan yang datang ke tempat ini hanyalah area parkir, camping ground yang luas, toilet, dan tungku api. Karena tidak adanya fasilitas kantin, maupun penjual makanan di sekitar pantai, disarankan untuk membawa bekal makanan dari luar. Harga tiket masuknya pun sangat ramah kantong, yaitu 6.000 rupiah saja per orang. Kalau kamu datang menggunakan kendaraan sepeda motor, maka ada tambahan biaya parkir sebesar 3.000 rupiah, sedangkan untuk mobil 5.000 rupiah. Selain itu, tersedia juga tour guide untuk minimal kuota 10 orang dengan biaya 100.000 rupiah.

Dengan pantainya yang bersih, panorama yang cantik, dan masih sepi pengunjung. Pantai Clungup tentu dapat menjadi destinasi yang pas untuk kamu yang ingin melarikan diri sejanak dari aktifitas harian yang padat. Kamu bisa datang ramai-ramai ke pantai ini bareng teman atau keluarga, serta menikmati momen kebersamaan dengan lebih tenang. Dari beberapa pantai di Malang, mungkin Clungup menjadi salah satu yang paling direkomendasikan untuk kamu yang ingin liburan berkesan.