Ingin Tambah Wawasan? Yuk Ke 5 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Ini

Ingin Tambah Wawasan? Yuk Ke 5 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Ini

Malang, merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan pemandangan alam serta iklamnya yang sejuk. Namun siapa sangka kalau kota ini juga menyimpan banyak sejarah yang beberapa diantaranya menjadi destinasi wisata sejarah di Malang. Berikut ini beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi sebagai alternative destinasi liburan di Kota Malang.

Museum Brawijaya

Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan edukasi yang letaknya berada di tengah Kota Malang. Museum Brawijaya menjadi salah satu tempat yang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah. Museum sejarah kemerdekaan ini berada di Jalan Ijen Bouleverd, yang juga menjadi daerah cagar budaya di Kota Malang.

Dengan membayar tiket masuk tidak lebih dari Rp 10.000 kamu bisa melihat langsung beberapa benda peninggalan para pejuang kemerdekaan. Salah satu yang paling terkenal di tempat ini adalah sebuah gerbong kereta yang dibaliknya terdapat sebuah cerita tragis. Penasaran? Yuk langsung datangi tempatnya!

Klenteng Eng An Kiong

Kota Malang juga punya situs budaya Tionghoa loh! Tentu hal ini menjadi bukti kalau masyarakat Tionghoa memiliki perkembangan cukup besar di kota ini. Klenteng ini dibangun pada tahun 1800 an dan menjadi pusat kehidupan bagi masyarakat Tionghoa di Malang kala itu. Hingga saat ini pun klenteng tersebut menjadi tempat persembahyangan bagi umat Kong Hu Cu di Malang. Nah, selain sebagai rumah ibadah, klenteng ini juga dibuka sebagai destinasi wisata sejarah di Malang. Salah satu daya tarik utamanya adalah bangunan khas dengan arsitektur China yang identik dengan warna merah.

Candi Jawar Ombo

Peninggalan sejarah kerajaan juga bisa kamu temui di kota berjuluk Kota Apel ini, yaitu Candi Jawar Ombo yang merupakan sebuah situs peninggalan kerajaan Majapahit. Lokasi candi ini berada di Dusun Kaliputih, Mulyoasri, Kecamatan Ampel Gading, Malang Selatan. Dari informasi yang tertera, tempat ini merupakan peninggalan agama Hindu pada era kerajaan Majapahit, dan baru ditemukan pada tahun 1983.

Dari cerita rakyat setempat, candi ini dibangun oleh kerajaan Majapahit masa itu untuk dijadika tempat menghadap kepada Sang Hyang Widhi. Hal tersebut tampak pada candi yang berada di ketinggian 1400 dpl yang menghadap ke Gunung semeru. Raden Wijaya yang merupakan raja Majapahit ketika itu, sering datang ke candi ini untuk menghadap ke Sang Hyang Widhi.

Selain kisah sejarahnya yang menarik, Candi Jawar Ombo juga menawarkan pemandangan khas berupa pegunungan yang nampak megah. Lelahnya perjalanan menuju puncak dimana candi ini berada, akan terbayar dengan indahnya pemandangannya.

Museum Omah Munir

Kasus Munir sempat menjadi fenomenal dan menarik perhatian masyarakat ketika pejuang HAM ini meninggal di dalam pesawat yang ditumpanginya saat akan menuju ke Amsterdam. Omah Munir menjadi saksi atas perjuangan Munir sebagai pejuang hak asasi manusia. Museum satu ini didirikan pada tahun 2013 lalu, museum ini juga menjadi tempat tinggal Munir dan keluarganya di Kota Batu saat itu.

Rumah tersebut kemudian disulap menjadi sebuah museum yang didalamnya berisi benda-benda yang mengingatkan pengunjungnya akan sosok seorang Munir. Lokasinya berada di Jalan Sultan Hasan Halin, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Kalau kamu penasaran dengan museum yang satu ini, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk alias gratis.

Gereja Kayoetangan

Pemerintah Kota Malang telah menetapkan salah satu gereja tertua di Kota Malang ini sebagai cagar budaya. Gereja Kayoetangan didirikan pada tahun 1905 dengan desainnya yang bergaya gotic dan memiliki nilai seni sangat tinggi. Selain menjadi rumah ibadah, tempat ini juga menjadi salah satu destinasi sejarah yang bisa menambah wawasanmu loh.

Dari beberapa tempat wisata sejarah di Malang di atas, destinasi mana nih yang menurutmu paling menarik dan ingin segera untuk kamu kunjungi? Nah, daripada bingung mau kemana, yuk telusuri semuanya, apalagi jarak satu tempat dengan tempat lainnya pun tidak terlalu jauh. Tunggu apalagi? Segera siapkan ranselmu dan mulailah menjelajahi aneka atraksi wisata menarik di Malang.