Provider Outbond Terbaik di Malang
wisata_outbound@ yahoo.co.id 0823 3371 2424

SUDUT PANDANG

Post by : Outbound Malang

Hai orang yang beriman! Taatlah kepada Allah, dan taatlah kepada Rasul, dan orang-orang yang berkuasa di antara kamu. Dan bila kamu berselisih tentang sesuatu di kalanganmu sendiri, hendaklah kamu mengembalikannya kepada Allah dan Rasul. Jika kamu beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, itu lebih baik dan penyelesaian yang paling indah.

– Q.S. 4 Surat An Nisa’ (Wanita-wanita) Ayat 59 –

Baru-baru ini ramai diperdebatkan tenang kasus “Domba Dolly” yaitu percobaan kloning yang sukses. Dunia gempar. Para ilmuwan bangga karena ini merupakan suatu perkembangan ilmu biologi yang sangat luar biasa. Namun beberapa agamawan menentang kloning ini, karena dianggap mengingkari tuhan “Garis demarkasi Tuhan”, katanya. Orang yang berprisipan pada ilmu pengetahuan mendukung, sebaliknya yang berprinsip pada etika moral menolak. Tidak kurang Bill Clinton pun sempat menolak hal ini. Dan sampai saat iniklonong menjadi perdebatan, bagaimana menurut anda?
Langkah pertama, untuk menjawab kondisi tersebut di atas maka pergunakanlah radar hati anda terlebih dahulu untuk menelusuri alam pikiran anda. Ranungkan sejenak, apakah sebenarnya prinsip yang bertengger di pikiran anda?
– Berprinsip pada ilmu pengetahuan, anda akan setuju.
– Berprinsip pada keamanan, anda mungkin akan lebih berhati-hati dan cenderung menolak.
– Berprinsip pada penciptaan, sudah pasti anda akan mendukung.
– Berprinsip pada uang, jelas anda akan menyetujuinya.
– Berprinsip pada kesejahteraan, anda mulai mendukung, tetapi tetap anda berpikir pada faktor yang lainnya yaitu keamanan.
– Ingat sifat Allah yang selalu bijaksana dan adil, maka anda pun akan bersifat adil dan bijaksana pula dalam mengambil keputusan, dengan mempertimbangkan semua kepentingan yang berasal dari suara hati yang lain atau berpikir melingkar ( 99 Thinking Hats). Thawaf suara hati.

Langkah kedua,
– Bersikap empati, yaitu mengenali dan memahami cara berpikir mereka. Anda akan dengan mudah mengenali prinsip mereka dengan cara mendengar jawaban dan pendapatnya.
– Pergunakan radar hati anda dengan cara berpikir “melingkar”, maka akan tersingkap bahwa jawaban mereka pastilah berdasarkan suara hati juga, yang berada hanyalah prioritas dan kepentingan saja.
– Berikan koridor dan tampung aspirasi mereka, bersikaplah rahman dan rahim!

Langkah ketiga,
– Musyawarahlah dengan berlandaskan prinsip, empati, dan prioritas berdasarkan situasi pada saat itu.
– Ingat prinsip zero mind dan prinsip adil, dan tetap memegang prinsip hanya Allah-lah yang Maha Benar.
– Jadi apakah keputusan anda sekarang, silahkan anda putuskan!

Hai orang yang beriman! Tegakkan keadilan sebagai saksi karena Allah. Dan janganlah kebencian orang mendorong kamu berlaku tidak adil. Berlakulah adil. Itu lebih dekat kepada takwa. Bertakwalah kepada Allah.

– Q.S. 5 Surat Al Ma’idah (Hidangan) ayat 5 –

Incoming search terms for the article:

Outbound Malang

– Outbound di Malang

– Outbound Training

About the Author
Trainer, motivator, event organizer, khususnya untuk kegiatan-kegiatan outbound/outdoor

Leave a Reply

*

Top